OBYEK WISATA KEDIRI

 Kabupaten Kediri di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Jombang dan Nganjuk, sebelah Barat dengan Kabupaten Tulungagung dan Nganjuk, sebelah Timur dengan Kabupaten Malang dan Jombang, dan disebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung dan Blitar. Topografi Wilayah daerah Tingkat II Kediri dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian membijur dari Selatan ke Utara, dibagian Barat adalah daerah pegunungan dengan kesuburan tanahnya dan yang berupa aliran sungai terdiri dari sungai Bruno, sungai Kedak, kali Surat, kali Bruni, kali Pandansari yang semuanyabermuara ke suangai Brantas. Dibagian Timur adalah daerah Pegunungan dengan mengalirnya kali Konto, kali Sarinjing, kali Dermo, kali Toyoagung, kali Sukorejo dan sungai kecil lainnya, sedangkan di bagian tengah merupakan daratan rendah.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA KODYA KEDIRI

 AIR TERJUN SEDUDO

Air Terjun Sedudo terletak di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan sekitar 25 Km dari kota Nganjuk dan berada didataran tinggi Gunung Wilis, mempunyai panorama alam yang indah dan sejuk. Air Terjun Sedudo sangatlah menakjubkan dan merupakan daya
tarik bagi pengunjung terutama di bulan Suro, karena menurut legenda apabila seseorang mandi di Air Terjun Sedudo pada bulan Suro akan menjadi Awet muda.

 

 GOA SELOMANGLENG

Goa Selomangleng adalah Goa Alam yang terpahat di dinding berupa reliaf yang sementara ini belum diungkapkan secara rinci mengenai maknanya. Namun demikian selama ini telah mampu menarik pengunjung wisata, utamanya dari Nusantara yaitu kelompok wisatawan dari Bali yang secara periodik mengunjungi l;okasi tersebut serangkaian dengan kegiatan berjiarah. Berdasarkan cacatan sementara Selomangleng merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci, yaitu seorang Ratu Kediri yang pada akhir hayatnya menjauhkan diri dari keramaian dunia bertindak sebagai bertapa di Goa Mangleng, yang terletak 2 Km dari kota Kediri.

 MUSEUM AIRLANGGA
Lokasi Museum ini terletak disekitar Goa Selamangleng yang dikelolah oleh bagian Purbakala
(SPSP Trowulan Mojokerto)

TAMAN REKREASI PAGORA
Terletak di Kelurahab Ngadisari, Kecamatan Kota.
Fasilitas : Kolam Renang Anak dan Dewasa, Kolam untuk Berperahu, Kolam Pancing, Kantin dan Warung.


TAMAN REKREASI TIRTOYOSO
Dikenal dengan nama Kuak, yaitu suatu tempat rekareasi yang memanfaatkan sumber air untuk berbagai kegiatan. Terdapat penyimpanan benda-benda purbakala.


MAKANAN KHAS
Getuk Pisang, Kripik Bekicot dan Tahu Taqwa.

DAYA TARIK WISATA UNTUK KABUPATEN KEDIRI

 MAKAM SRI AJI JOYOBOYO
Makam Sri Aji Joyoboyo terletak di Desa Pamenang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.
Pada Tanggal 1 Asyuro setiap tahun selalu diadakan upacara selamatan untuk memperingati tahun baru jawa. Bersama keluarga Hondodento dari Yogyakarta yang merupakan keturunan Sri Aji Joyoboyo. Upacara ini dilaksanakan ditempat muksanya Sri Aji Joyoboyo (Lokamuksa), serta diadakan kunjungan kesendang Tirto Kamandanu. Sri Aji Joyoboyo adalah seorang Raja Kediri pada Abad XII, yang pernah menulis kitab Jongko Joyoboyo, kitab yang begitu terkenal dilingkungan masyarakat Jawa. Pengelolahnya adalah yayasan Hondodento dan Pemda Tingkat II Kabupaten Kediri.

 

 ARCA TOTOK KEROT
Arca Totok Kerot ini terletak di Desa Bulupasar Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, dengan jarak lebih kurang 7 Km dari kota. Pengelolahnya adalah Swaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala.

TAMAN WISATA SUMBER UBALAN
Terletak 25 Km Utara Kediri, di Desa Kalasan Jarak, Kecamatan Ploso Klaten.
Fasilitas :
Tempat Pemndian, Kolam Pancing, Kolam untuk Berperahu, Kios Cinderamata, Kios makan dan minum, Panggung Terbuka, Loket/Kantor Penerangan, Parkir, Tempat Bermain Anak, dan Musholla.

CANDI TEGOWANGI
Candi Tegowangi ini terletak di desa Tegowangi Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri.
Relief dari candi ini masih dalam keadaan baik, sehingga menarik untuk bahan pengkajian
bagi sesuatu kegiatan pendidikan. Jarak Candi Tegowangi lebih kurang 24 Km dari kota Kediri

CANDI SUROWONO
Candi Surowono terletak di desa Surowono, Kecamatan Pare, sekitar 30 Km dari kota Pahatan relief yang ada di Candi Surowono merupakan rangkaian cerita Bubuk Sahdan Cagak Aking, cerita Sudomolo dll. Pada Candi ini juga ada Pemandu yang memberikan penjelasan bagi pengunjuang.

HARGO WILIS BESUKI
Panggrahan Hargo Wilis Besuki ini di kelolah oleh Pemda Tingkat II Kabupaten Kediri, yang terletak didesa Jogo, Kecamatan Mojo dengan jarak tempuh lebih kurang 30 Km dari kota Kediri.

AIR TERJUN NGLEYANGAN
Air Terjun ini terletak di kawasan hutan lindung Desa Ngleyangan, Kecamatan Tarokan lebih kurang 25 Km arah Barat Kediri, untuk pencapaiannya harus jalan setapak sejauh 4 Km dengan melewati hutan dan perbukitan yang masih alami.

MAKANAN KHAS
Pecel Kediri, Kripik Belut

 

  Copyright 2001 by HEY, Indonesia